Beranda » kesehatan » SENI CAPOEIRA MENINGKATKAN STAMINA

SENI CAPOEIRA MENINGKATKAN STAMINA

Arsip

Jejak Langkah

  • 56,948 tapak

Capoeira, seni olah raga asal Brazil ini, lagi diinati di Indonesia. Indah, murah, dan penuh persaudaraan. Gerakan-gerakan akrobatiknya yang diiringi music dan lirik, jika dilakukan berulang-ulang, dapat meningkatkan stamina dan memicu semangat anda.

Suara musik samba mengalun merdu dari gesekan agogo, berimbau serta tabuhan attabaque dan pandeiro di kawasan senayan, Jakarta. Sementara itu, keringat mulai membasahi baju para pemuda dalam lingkaran, yang dengan lincah bergantian melakukan gerakan-gerakan akrobatik capoeira. Mulai dari ginga, xeada, armada, melialua deferente, hingga salto.

Pelatih capoeira asal Brasil, Marco Barbosa, mengatakan bahwa kedinamisan kaki dalam bergerak untuk menjaga keseimbangan tubuh dan menangkis serangan lawan yang dilakukan berulang-ulang dapat bermanfaat untuk meningkatkan stamina. Manfaat lainnya, menguatkan kaki, pinggang, dan punggung.

Kecepatan para capoerista dalam bergerak sangat ditentukan oleh music dan lirik yang dialunkan. Musik dalam capoeira sangat diandalkan untuk terapi fisik dan memacu semangat para capoerista.

Pada mulanya gerakan capoeira digunakan untuk menghindari pukulan atau tendangan tuan-tuan pemilik budak asal Angola, Afrika. Pada budak menyamarkan seni bela diri ini dengan latihan berkedok seni tari dan musik sehingga tidak menimbulkan kecurigaan. Seni ini pertama kali dibawa ke Indonesia oleh Naomi Herman dan Simon, Capoeirista dari Australia.

Capoeira kemudian digemari oleh banyak kalangan karena keindahan geraknya, sisi histori budayanya dan dapat menggalang persaudaraan. Setiap pemain harus mengenal betul kemampuan bagian tubuhnya, sehingga ia mampu bergerak dengan cara apa saja.

Di Jakarta, ada beberapa grupo yang sudah berjalan yaitu Capoeira trickzmoves, Brincadeira Capoeira (BC), dan Sinha. Anda dapat mengunjungi salah satu tempat latihannya di Parkir Timur Senayan, Jakarta Pusat.

Tak perlu keluar banyak uang untuk berlatih olah raga seni ini. Dengan iuran sebesar Rp. 150 ribu sampai Rp 200. ribu sebulan, Anda dapat menikmatinya. Layak dicoba bagi Anda yang bosan dengan gerakan monoton dalam berolahraga.

Symber :

FM7 Gazette/Healthy Life


2 Komentar

  1. ichigo mengatakan:

    Wah.. Klo githu gmn kalo mo bsa capoeira tp g’ pny ckp duit’s.. Kacianilah,,Kacianilah

  2. rio mengatakan:

    saya mau tanya apakah Brincadeira Capoeira (BC)
    ada di senayan ? dan berapa biaya pendaftarannya n siapa yang bisa saya hubungi?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: