Beranda » kesehatan » SEHAT JANTUNG DENGAN COKELAT DAN VITAMIN

SEHAT JANTUNG DENGAN COKELAT DAN VITAMIN

Arsip

Jejak Langkah

  • 56,949 tapak

“Konsumsi cokelat dalam jumlah kecil dapat menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko serangan jantung. Sedang konsumsi vitamin C dan E dapat mencegah serangan jantung koroner”

Sering nyeri di dada dan bernafas pendek ? Cobalah mengkonsumsi cokelat setiap hari. Seperti dikutip BBC News baru-baru ini, para peneliti dari Universitas Hospital of Cologne, Jerman menyebutkan, mengkonsumsi cokelat dengan jumlah kecil dapat menurunkan tekanan darah.

Dengan metoda acak, mereka meneliti 44 responden berusia 56 – 73 tahun yang menderita hipertensi. Selama 18 minggu mereka diminta untuk mengkonsumsi 30 kalori dark chocolate setiap hari. Hasilnya, terjadi penurunan tekanan darah sistolik 2,9 mm Hg dan tekanan diastolik 1,9 mm Hg tanpa mengubah berat badan dan kadar gula.

Hal ini karena zat polyphenols yang terkandung dalam cokelat mengurangi tekanan ke pembuluh darah arteri. Dengan menurunkan tekanan darah tentu saja mengurangi risiko serangan jantung anda.

Selain itu, Anda juga dapat memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung vitamin C dan E. Vitamin C berperan membentuk kolagen dan menjadi faktor positif pencegah serangan jantung koroner.

Kekurangan vitamin C bisa menyebabkan kerusakan susunan sel arteri sehingga dapat terisi kolesterol dan menyebabkan asterosklerosis (penebalan pembuluih darah), Vitamin C banyak terkandung dalam tomat, jeruk melon, strawberi, brokoli da sayuran berwarna hijau lainnya.

Sedang vitamin E merupakan antioksidan yang berperan mencegah terjadinya proses oksidasi dalam tubuh, dimana kolesterol LDL yang menembus dinding arteri dapat menyumbat pembuluh darah setelah mengalami oksidasi. Vitamin E dapat ditemukan di minyak nabatin (minyak kedelai, minyak jagung dan minyak biji bunga matahari), kacang-kacangan, biji-bijian dan padi-padian.

Namun begitu, agar konsumsi semua makanan Anda tidak sia-sia, jangan lupa untuk sering berolahraga dan menghentikan kebiasaan merokok. Itu sangat membantu.

Sumber :

FM7 Gazette / Healty Life


3 Komentar

  1. Muparrih mengatakan:

    Bermanfaat banget informasinya Pakde, dilihiat dari hits counternya dah lumayan juga Pakde, apa gak berminat mencari dolar di internet Pakde? Coba melamar adsense Pakde…..

  2. bapakethufail mengatakan:

    :om muparrih
    makasih komentarnya, insyaalloh nanti tak coba

  3. teddy hidayat mengatakan:

    Apakah dengan menkonsumsi coklat juga dapat meningkatkan kolesterol ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: